Monday, September 15, 2014

Gunongan, objek wisata di Banda Aceh

Banda Aceh, memang sarat dengan objek objek yang terkenal dan penuh unsur religi dan sejarah. Yang terkenal dari kota yang dijuluki sebagai serambi Mekkah ini adalah Masjid Agung Baiturrahman, lalu ada Masjid Agung Kota Meulaboh, selain itu juga ada makam Sultan Iskandar Muda, dan selain itu, Aceh memiliki objek wisata lainnya yang bernama Gunongan. Objek wisata ini cukup terkenal dan cukup banyak didatangi pewisata untuk menyaksikan sendiri bangunan atau objek peninggalan masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda ini.

Gunongan



Gunongan juga merupakan bukti kekuatan cinta sang raja, yaitu Sultan Iskandar Muda, terhadap permaisurinya yang sangat cantik jelita yaitu Putri Phang. Putri Phang berasal dari Pahang, Malaysia. Setiap kali, beliau selalu teringat akan kampung halamannya dan merasa kesepian karena sang raja sibuk mengurusi pemerintahan.

Oleh karena kecintannya yang sangat besar kepada sang permaisuri, raja Sultan Iskandar Muda membangun Gunongan, yaitu kompleks bukit dengan bangunan berwarna putih yang dikhususkan bagi sang permaisuri sehingga bisa mengobati kerinduannya terhadap kampung halamannya di Pahang, Malaysia. Setelah bangunan itu selesai dibuat, permaisuri dan dayang dayang nya selalu bermain main di Gunongan tersebut.

Gunongan terletak di jalan Teuku Umar, berhadapan dengan makam serdadu dari Belanda yang bernama Kerkoff. Gunongan bukanlah bangunan yang begitu besar, hanya merupakan bangunan berbentuk segi enam yang terdiri dari tiga lantai yang lantai paling atas adalah sebuah bentuk mahkota yang berdiri dengan indah di puncak bangunan tersebut.

Berwisata ternyata tidak perlu dan tidak harus selalu pergi ke pantai, wahana wahana permainan, mall, dan lain sebagainya. Berwisata religi atau sejarah seperti yang satu ini juga baik untuk mengenang kejadian kejadian di masa lalu, juga memberikan wawasan dan pengetahuan yang lebih untuk kita. Selain itu, juga agar kita lebih mengetahui peristiwa peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau. Berlibur dan berwisata yang penting membuat pikiran kita jernih dan segar kembali, menghilangkan penat sesaat dari rutinitas dan kegiatan sehari hari. berwisata religi seperti ini juga tidak akan menguras biaya yang besar, apalagi sampai menghabiskan biaya yang biasa digunakan untuk bepergian ke luar negeri. Selain itu, kita akan lebih tahu wilayah wilayah di Indonesia dengan lebih baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Gunongan, objek wisata di Banda Aceh

0 comments:

Post a Comment