Tuesday, July 22, 2014

Candi Prambanan, candi Hindu terbesar di Indonesia

Jika anda mengenal bahwa Candi Borobudur adalah candi Budha terbesar yang ada di Indonesia, sama halnya pula dengan candi Prambanan, candi Hindu ini juga merupakan candi terbesar yang ada di Indonesia dan bahkan telah dikenal luas oleh hampir seluruh penjuru dunia. Candi Prambanan lokasinya cukup strategis, berada sekitar 20 km dari kota Yogyakarta, akan memudahkan akses anda untuk mencapai lokasi ini.

Candi Prambanan

Candi Prambanan dibangun oleh raja kedua Mataran I yaitu Rakai Pikatan, yang dalam perkembangannya berdasarkan pada legenda yang sangat terkenal yaitu kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang.

Kisah yang melegenda tersebut berawal dari Bandung Bondowoso yang sangat mencintai Roro Jonggrang. Namun sayang sekali, bahwa Roro Jonggrang tidak mencintai Bandung Bondowoso. Lalu, Roro Jonggrang menawarkan sebuah tantangan kepada Bandung Bondowoso jika ia tetap bersikukuh mencintai Roro Jonggrang yaitu adalah untuk membuat 1000 arca dalam semalam, sebelum matahari terbit. Bandung Bondowoso yang menerima tantangan tersebut telah hampir berhasil menyelesaikannya, ia sudah membuat 999 arca. Roro Jonggrang yang tidak terima akan keberhasilan yang hampir dicapai Bandung Bondowoso akhirnya menyuruh warga desa untuk menumbuk padi dan membuat api agar seolah olah sudah pagi dan fajar akan segera menyingsing. Bandung Bondowoso yang sangat kesal dan merasa dicurangi oleh Roro Jonggrang lalu mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca nya yang ke 1000.

Komplek candi prambanan terdiri dari candi utama yaitu Siwa, lalu candi Brahma, candi Wisnu, di depannya ada candi Wahana sebagai kendaraan Trimurti, candi Angkasa adalah kendaraan Brahma, candi Nandi adalah kendaraan Siwa, dan candi Garuda yang merupakan kendaraan Wisnu. Di candi Prambanan juga anda bisa melihat relief yang menceritakan tentang Ramayana. Lalu, kisah tersebut divisualisasikan dengan sendra tari yang diadakan di pelataran candi.

Berkunjung ke candi Prambanan akan memberikan pengalaman liburan yang sangat menakjubkan sekaligus menyenangkan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Candi Prambanan, candi Hindu terbesar di Indonesia

0 comments:

Post a Comment